Notification

×

Iklan

Iklan

Al-Quran Petunjuk Hidup, Cintailah Ia Tiap Hari

Minggu, Mei 16, 2021 | 08:26 WIB Last Updated 2021-05-16T01:26:52Z

Betapa banyak bukti orang-orang yang mencintai Al-Quran mendapatkan keberkahan hidup. Banyak pula contoh orang-orang yang mencintai Al-Quran mendapatkan kesuksesan dalam hidupnya. Mereka adalah orang-orang yang bukan hanya membaca Al-Quran, namun juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Barangsiapa mencintai Al-Quran, berarti ia mencintai Allah dan Rasul-Nya,” (HR. Thabrani). Al-Quran adalah kalamullah, berisi petunjuk bagi umat manusia ke jalan yang lurus. Berbeda dengan berita yang hampir setiap hari kita baca, terkandung kebenaran dan juga kesesatan.

Al-Quran adalah mukjizat dari Allah untuk Rasulullah Saw., sekaligus bukti kebesaran Allah. Al-Quran bukanlah kitab biasa, tetapi memiliki keistimewaan. Banyak bersinggungan dengan Al-Quran berarti kita terus mengingat Allah.

Mengingat-Nya tentu saja akan membuat hati kita menjadi tentram. Allah adalah zat yang paling maha kuasa. Tidak ada yang tidak mungkin bagi-Nya. Karena itu, tidaklah ada alasan untuk khawatir bagi sesiapa yang selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Untuk menghapus rasa was-was hamba-Nya, Allah turunkan Al-Quran sebagai petunjuk. Tentu, petunjuk yang bukan sembarang petunjuk, karena Al-Quran menunjukkan manusia melalui dua arah: kisah ghaib di masa lalu dan prediksi akan masa depan.

Al-Quran juga berisikan ajaran tauhid dan hukum-hukum, ilmu pengetahuan, kisah-kisah yang menggugah, teguran, larangan, perintah, kabar baik, dan juga kabar buruk.

Dengan demikian, tidak ada solusi paling ideal bagi setiap masalah hidup dan obat bagi setiap penyakit hati selain Al-Quran. Al-Quran juga akan menuntun kita pada jalan yang benar.

“Sungguh, Al-Quran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus,” (QS Al-Isra’ [17]: 9).

Ya, jalan yang benar adalah jalan yang lurus. Yaitu jalan yang membawa kita pada ketenangan, kedamaian serta keberkahan hidup. Salah satunya adalah kehidupan dalam bentuk kesuksesan dan kebahagiaan dunia yang diraih dengan jalan yang baik, benar, dan halal.

Lalu, bagaimanakah cara kita memperoleh jalan yang lurus itu?

  1. Menanamkan keimanan yang kuat dalam hati kita bahwa Al-Quran menyempurnakan kitab-kitab suci terdahulu;

  2. Memaksa diri untuk membiasakan membaca, menghafal, menghayati dan memahami Al-Quran serta mengamalkan isi kandungannya;

  3. Menjadikan Al-Quran sebagai kebutuhan dalam hidup;

  4. Merasakan kenikmatan saat berinteraksii dengan Al-Quran.